Pages

Subscribe:

Selasa, 13 Maret 2012

Macam-Macam Relasi


Relasi Refleksif
Sebuah relasi R dalam A disebut memiliki sifat refleksif, jika setiap elemen A berhubungan dengan dirinya sendiri
Contoh relasi yang memiliki sifat seperti ini adalah relasi “x selalu bersama y.”, dengan x dan y adalah anggota himpunan seluruh manusia. Jelas sekali bahwa setiap orang pasti selalu bersama dengan dirinya sendiri.
[]Relasi Irefleksif
Relasi R dalam A disebut memiliki sifat irefleksif, jika setiap elemen A tidak berhubungan dengan dirinya sendiri.
contoh relasi irefleksif adalah relasi “x mampu mencukur rambut y dengan rapi sempurna.”, dengan x dan y adalah setiap pemotong rambut. Diandaikan bahwa setiap orang hanya dapat mencukur rambut orang lain dengan rapi sempurna, maka relasi ini adalah irefleksif, karena tidak ada seorang tukang cukur a yang mampu mencukur rambutnya sendiri.
Contoh lain dalam himpunan bilangan bulat adalah, relasi < dan > adalah irefleksif.
Relasi Simetrik
Relasi R dalam A disebut memiliki sifat simetrik, jika setiap pasangan anggota A berhubungan satu sama lain. Dengan kata lain, jika a terhubung dengan b, maka b juga terhubung dengan a. Jadi terdapat hubungan timbal balik.
Sebuah relasi “x + y genap” adalah relasi simetrik, karena untuk sembarang x dan y yang kita pilih, jika memenuhi relasi tersebut, maka dengan menukarkan nilai y dan x, relasi tersebut tetap dipenuhi. Misalnya untuk pasangan (5, 3) relasi tersebut dipenuhi, dan untuk (3, 5) juga.
Relasi Anti-simetrik
Jika setiap a dan b yang terhubung hanya terhubung salah satunya saja (dengan asumsi a dan b berlainan), maka relasi macam ini disebut relasi anti-simetrik.
Dalam kebanyakan literatur biasanya ditulis sebagai kontraposisinya seperti di bawah ini. Keuntungan bentuk ini adalah tidak mengandung negasi, dan hanya mengandung satu implikasi.
                                                  Relasi  bersifat anti-simetrik, karena  mengakibatkan . Demikian juga jika ada p dan q yang terhadap mereka berlaku  dan  berarti p = q.
Relasi Transitif
Sebuah relasi disebut transitif jika memiliki sifat, jika a berhubungan dengan b, dan b berhubungan dengan c, maka a berhubungan dengan c secara langsung.
atau

Sebagai contoh, relasi dua transitif. Misalnya untuk 5, 6, dan 7, berlaku 5 < 6, 6 < 7, dan 5 < 7.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Hi, I see that you are using the free cristalweb blogger template.
theres a anchor text of "wholesale" that links to our website.
I have aranged for the template to be changed and all customers using the template can upgrade for free!
This is in your intrest as Google has/will de-index all sites using the original template as it vialates google's web spam policeys.


The new template can be found at... http://www.deluxetemplates.net/2011/12/cristalweb-blogger-template.htm l

Please can you upgrade.

Kind Regards
Karl Baxter (Wholesale Clearance UK Ltd)

Unknown mengatakan...

makacih

dianeunlimitedaccess mengatakan...


hi saya menghubungi Anda mengenai blog Anda . bisa tolong hubungi saya kembali . template yang Anda gunakan termasuk tag di website kami ( www.wholesaleclearance.co.uk ) . kami telah mengatur template gratis untuk Anda gunakan . jika Anda punya waktu kami ingin meminta Anda untuk mengubah template . dalam pertukaran kita dapat mentransfer sejumlah kecil kepada Anda melalui Paypal . Jika Anda dapat menghubungi kami silahkan , yang akan menjadi besar . Anda dapat menghubungi manajer saya di karl@wholesaleclearance.co.uk

Posting Komentar

 
Free Blue Multi Glitter Pointer Cursors at www.totallyfreecursors.com